Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Skala pembangunan infrastruktur di negara berkembang telang mengalami peningkatan. Dapat dilihat bahwa dalam global konstruksi telah banyak melahirkan kemajuan pada bidang penggunaan dan pemilihan material bangunan. Salah satunya adalah pada kontruksi bagian atap sebuah rumah yang saat ini banyak mengalami perubahan. Jika sebelumnya kayu yang menjadi andalan dalam membuat struktur kerangka atap, namun saat ini bisa menggunakan baja ringan. Secara umum ada 2 jenis baja yang digunakan yaitu baja konvensional dan baja ringan. Namun berbeda dengan baja konvensional dimana baja ringan memiliki mutu tinggi dengan sifat yang lebih ringan dan tipis, akan tetapi memiliki fungsi yang mirip baja konvensional yaitu kuat dan kokoh.

Jika dilihat dari sisi penggunaan, baja ringan mampu menopang beban berat dan pemasangan yang dilakukan juga cepat. Namun, juga harus mengacu pada perhitungan dan tinjauan nan terperinci secara sistem mekanik dalam memanfaatkan rangka yang terbuat dari baja ini. Dengan adanya kelebihan rangka atap baja ringan ini diciptakan untuk memudahkan perakitan dan konstruksi. Meskipun tipis, baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik yang tinggi yaitu sekitar 550 MPa, sedangkan untuk baja biasa sekitar 300 MPa. Selain itu daya kekuatan tarik dan tegangan ini untuk mengikuti bentuknya yang tipis. Disisi lain ketebalan baja ringan yang beredar sekarang ini berkisar dari 0,4mm – 1mm dengan penggunaan yang efisien.

kelebihan kekurangan rangka atap baja ringan

Berbanding terbalik dengan kayu yang pemasangan lebih rumit, penggunaan baja ringan sendiri hanya perlu dilakukan pemasangan dengan waktu yang lebih sedikit. Walaupun demikian, secara struktur rangka atap baja ringan ini mampu dipasang menggunakan jenis genteng apapun guna memberikan variasi atap rumah itu sendiri. Apapun jenis genteng yang akan digunakan bisa diaplikasikan menggunakan rangka baja ringan ini. Namun tetap harus ditentukan terlebih dahulu struktur rangka atap baja ringannya agar tetap berpadu dengan variasi genteng yang digunakan. Untuk mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan atap baja ringan, kami akan memberikan pemaparannya dibawah ini.

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

Jika berbicara kelebihan atap baja ringan ada beberapa diantaranya mampu menopang jenis genteng apapun, namun juga harus disesuaikan dengan kekuatan kerangka itu sendiri. Untuk genteng metal masih bisa digunakaan dengan menggunakan kerangka baja ringan ini. Dengan pembuatan yang diproses di pabrik, maka konstruksi baja ringan memiliki konsistensi dalam hal bentuk juga mutu serta kualitasnya. Adanya ketahanan yang lebih tersebut membuat rangka atap kayu mampu bertahan dari korosi. Jika dilihat dari sisi lingkungan, penggunaan kerangka atap baja mampu mengurangi penggunaan dan penebangan kayu. Selain itu etimasi harga rangka atap baja ringan juga dianggap masih terjangkau oleh masyarakat.

Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Penggunaan kerangka atap baja juga memiliki beberapa kelemahan. Beberapa kekurangan rangka atap baja ringan adalah tidak lebih fleksibel dari pada rangka kayu dalam hal segi pemotongan, dengan begitu tidak dapat dibuat berbagai macam bentuk pada profil-profil tertentu. Dari segi estetika sendiri, bahan baja yang dibuat kerangka tidak bisa dibuat ukiran layaknya kayu. Disisi lain penggunaan material baja ini juga terlihat kurang bagus jika tidak didesain sedemikian rupa. Biasanya pemilih rumah akan menambah ornamen bagian plafon penutup agar langit-langit terlihat bagus seperti gypsum. Selain itu, pemasangan baja ringan yang menggunakan baut, seringkali tidak kuat terhadap angin yang kencang.

Kelebihan dan kekurangan atap baja ringan diatas bisa menjadi tolak ukur sendiri dalam menentukan pilihan untuk menggunakan kerangka jenis kayu ataupun baja. Beberapa kelebihan lainnya juga terlihat pada segi keamanan dimana rangka baja ringan tidak mudah terbakar. Disisi lain penggunaan baja ringan juga bisa lebih lama dibanding dengan kayu yang kemungkinan besar bisa dimakan oleh rayap. Akan tetapi, kekurangan rangka atap baja ringan juga tidak terlepas dari pertimbangan tersendiri. Hingga beberapa pengguna pun ikut juga harus memperhitungkan pula biaya dan juga waktu dalam pemasangan menggunakan baja ringan ini. Maka dari itu pembangunan atap rumah juga harus dilakukan dengan pengendalian dan perencanaan terstruktur dengan baik.

Topics:

Pemotongan CNC PROFIL Indonesia loc:ID, Pemotongan CNC PROFIL PT loc:ID, lembaran baja PROFIL Indonesia loc:ID, CNC metalworking contact PT loc:ID, pemasok pemotongan baja about PT loc:ID, baja stamping contact Indonesia loc:ID, CNC interior PROFIL PT loc:ID, distributor pemotongan baja contact Indonesia loc:ID, metal cookware PROFIL CV loc:ID, logam metalworking PROFIL PT loc:ID

Tinggalkan komentar