Cara Menghitung Luas Atap Rangka Baja Ringan

Kelebihan dan Kekurangan HPL – Ada banyak upaya yang harus dilakukan ketika menginginkan sebuah rumah yang ideal dan bagus. Untuk memenuhi kategori tersebut ada beberapa element yang harus diperhatikan, tidak hanya dalam segi bangunan namun juga furniture. Jenis furniture yang ada di dalam rumah ada beberapa produk dan juga bahan material yang digunakan. Modern ini bahan material yang sedang populer digunakan dimasyarakat adalah HPL (High pressure Laminated).  Seperti yang diketahui bahwa HPL merupakan laminasi dengan tekanan tinggi yang menjadi salah satu bahan finishing dalam produk mebel atau permukaan interior lainnya. Penggunaan bahan HPL diklaim lebih memberikan keuntungan dari segi kepraktisan dan juga pilihan warna juga tersedia.

Jika dilihat dari fungsi HPL secara umum adalah sebagai pelapis dari beberapa perabotan rumah seperti cabintets, meja, kitchen set, dekorasi interior, dan lain-lain.  Sebagai salah satu bahan yang berbahan dasar plastik yang tipis yang akhir – akhir ini menjadi sangat familiar dan cukup menarik minat dunia furniture. HPL banyak digunakan furniture berbahan dasar multiplek yang mana pada lapisannya menggunakan bahan triplek dengan motif kayu jati, sungkai, mahoni, dan yang lainnya. Dengan adanya kelebihan HPL tersebut ternyata juga mampu menggeser penggunaan cat semprot duco atau melamic sebagai proses penyelesaian sebuah furniture. Hal ini dikarenakan HPL sendiri sudah memberikan tipe motif seperti motif serat kayu, solid color,metalic dan sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan HPL

Umum digunakan sebagai lapisan furniture, HPL juga memiliki kelebihan lainnya yaitu cukup anti gores dan anti air. Akan tetapi tidak sepenuhnya anti gores, akan tetapi material ini cukup kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan bertekstur. Namun dibalik beberapa keunggulanya ada beberapa kekurangan material HPL yang ada didalamnya. Beberapa diantaranya adalah lapisan sering lepas jika lem yang digunakan tidak terlalu rekat. Selain itu, ada beberapa pengguna yang mengklaim bahwa serat motif HPL masih kalah bagus dengan cat Duco. Maka dari itu disini kami akan memberikan perbandingan antara kelebihan dan kekurangan HPL yang bisa dilihat berikut ini.

Kelebihan HPL

Dengan banyaknya corak yang dimiliki, penggunaan material kertas HPL terus meningkat. Keadaan ini juga dipengaruhi oleh masyarakat yang menginginkan proses pengerjaan yang lebih cepat. Penerapannya sendiri juga cocok digunakan untuk furniture pada rumah minimalis. Tidak jarang sejumlah perabotan rumah seperti meja, almari, kitchen set, rak dan yang lainnya. Jika dibandingkan dengan cat spray, material HPL lebih mendominasi penggunaan lebih banyak digunakan. Sealin itu secara manufaktur HPL juga membuat produknya lebih resisten pada faktor perusak dari sinar panas. Dengan proses pembuatan yang cepat, maka proses pemasangan HPL akan menguntungkan bagi sejumlah produksi furniture.

Kekurangan HPL

Berbanding terbalik dengan kelebihan diatas, dimana untuk ada beberapa kekurangan HPL yang juga menjadi kendala dalam penggunaannya. Beberapa kelemahannya diantaranya adalah mudah patah karena tingkat fleksbilitasnya yang rendah. Selain itu, jika dilakukan pemotongan ada beberapa bagian sisi yang kurang rapi. Jika dibandingkan dengan cat Duco, warna dari lapisan HPL ini sendiri masih dianggap belum memberikan kesan elegant. Hal tersebut yang kurang memberikan kesan natural pada lapisan furniture. Disamping itu ada beberapa bagian yang harus dilapisi edging. Terlebih untuk harga HPL sendiri juga cenderrung lebih mahal dibanding dengan penggunaan cat.

Ketahanan dari material HPL pada sejumlah peralatan perabotan rumah dinilai cukup lama. Hal ini dikarenakan sifat dari material multiplek ini sendiri tahan bakteri, jamur dan tahan terhadap api. Namun dengan ketahanan tersebut harus ada cara perawatan HPL. Apabila terkena noda atau kotoran, maka harus di lap menggunakan kain yang basah. Disisi lain, dalam merawat HPL jangan menggunakan kandungan alkohol dalam membersihkan noda yang membandel. Beberapa dampak yang nantinya akan timbul salah satunya adalah warna HPL akan lebih cepat memudar. Dengan adanya beberapa kelebihan dan kekurangan HPL diatas, masih bisa diatasi oleh para tenaga ahli furniture. Asalkan pemasangan HPL sudah sesuai dengan prosedur, maka bisa dijamin akan tahan lama.

Tinggalkan komentar