Cara Menghitung Luas Atap Rangka Baja Ringan

Menghitung Luas Atap Rangka Baja Ringan – Pembangunan sebuah bangunan di era modern sekarang ini tentu juga mengalami perkembangan yang baik mulai dari bahan material yang digunakan, mudah tehnik pemasangan, desain dan sebagainya. Jika jaman dulu jika pemasangan rangka genteng menggunakan bahan material kayu. Berbeda dengan sekarang yang mana kerangka dari atap sendiri sudah beralih menggunakan bahan material baja ringan yang dianggap lebih kuat dan tahan lama. Seperti yang diketahui bahwa baja memiliki berkualitas tinggi dengan bobot yang sangat ringan karena bentuknya yang tipis. Keunggulan dari baja ringan sendiri di klasifikaskan menjadi beberapa jenis, yang paling tinggi adalah dengan mutu tandar high tensile streght 550 Mpa atau 5500kg/cm2.

Selain bobotnya yang ringan, baja sendiri juga dapat dikerjakan dengan cepat lantaran sifatnya yang mudah dikerjakan dan juga tidak berat dalam pemasangan. Disisi lain struktur baja ringan yang kuat dikarenakan bahan material dasar yang digunakan jenis cold rolled coil (CRC) yang memiliki mutu tinggi (kuat tarik 550 Mpa). Selain itu ada beberapa rangka atap baja ringan memiliki beberapa elemen atau bagian utama dalam pembuatanya, beberapa diantaranya adalah kuda-kuda, bracing, reng, baut, dinabolt dan talang jurai. Sedangkan untuk cara menghitung luas atap rangka baja sendiri juga di sesuaikan dengan jenis yang hendak dibuat. Biasanya masing-masing jenis ukuran dari kerangka atap ini juga beda-beda tergantung dari luas atap yang di perlukan.

cara menghitung luas rangka baja ringan

Dengan penggunaanya yang secara fleksibel dan pas di aplikasikan pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal seperti rumah minimalis sederhana, pemasangan kerangka baja juga harus dilakukan perhitungan untuk ukuran luas ukuran yang dibutuhkan. Sedangkan cara menghitung luas atap rangka baja ringan terdapat dua pilihan. Yaitu bisa menggunakan perhitungan secara manual atau pun menghitung dengan sistem otomatis yang mana saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan perhitungan. Namun disini kami akan memberikan cara perhitungan secara manual agar bisa di maksimalkan dan mendetail dalam perhitungannya. Berikut telah kami berikan contoh penghitungan luas rangka atap baja yang bisa di lihat berikut ini.

Menghitung Rangka Baja Ringan

Sebelum masuk dalam perhitungan, kami juga akan memberitahukan bahwa ada kemiringan luas atap yang nantinya juga akan dihitung keseluruhan. Dengan perhitungan secara keseluruhan luas atap, nilai satuan yang digunakan dalam rangka atap baja ringan dihitung dengan menggunakan meter persegi (M2). Rumus luas atap rangka baja ringan bisa menggunakan perhitungan :

Volume = ( Panjang Bangunan + Overstek Genteng ) x ( Lebar Bangunan + Overstek Genteng ) : Derajat Kemiringan Atap Genteng ( cos derajat )

Misalnya : Ada sebuah rumah dengan ukuran 8 x 8 meter, dimana tiap atapnya memiliki overstek dengan panjang 1m dan memiliki tingkat  kemiringan berkisar 35 derajat. Maka, berapa jumlah volume rangka atap baja ringan dari rumah tersebut?

Penyelesaian: P = 8 + 1 + 1 = 10 m
L = 8 + 1 + 1 = 10 m
Kemiringan = cos 35 = 0,819

Maka volume dari rangka atap baja ringan adalah = 10 x 10 : 0,819 = 122 m2.

Tujuan dari perhitungan diatas tidak hanya untuk mengetahui luas atap kerangka baja saja, melainkan juga bisa digunakan untuk mengetahui berapa banyak bahan yang digunakan dan juga memperkirakan budget yang nantinya akan dibutuhkan. Disisi lain, dengan adanya cara menghitung atap rangka baja diatas, tentu hanya sebuah perkiraan hitungan untuk bisa digunakan. Untuk membuktikan keakuratan, maka anda bisa mencoba untuk menggunakan beberapa media lain yang secara otomatis bisa memperlihatkan hasilnya. Jadi, bisa dikatakan bahwa tidak hanya tukang bisa melakukan perhitungan luas atap, namun sebelum melakukan pembangunan alangkah lebih baiknya pemilik rumah juga bisa melakukan perhitungan agar estimasi biaya bisa diketahui sejak awal.

Topics:

Plat Baja Tarik Tinggi BERANDA Indonesia loc:ID, baja DOOR home Indonesia loc:ID, bahan kerangka bangunan, pemotongan logam product Indonesia loc:ID, menghitung kuda-kuda bangunan, baja DOOR BERANDA Indonesia loc:ID, PLAFON LOGAM about PT loc:ID, Mebel baja CNC product PT loc:ID, baja advertising contact PT loc:ID, logam laser contact PT loc:ID

Tinggalkan komentar