Cara Mengecat Tembok

Cara Mengecat Tembok – Memiliki sebuah bangunan atau rumah yang terasa nyaman adalah perwujudan dari semua orang. Beberapa komponen yang harus diperhatikan dalam mencapai keinginan sebuah rumah salah satunya adalah mendekorasi. Belakangan ini dekorasi rumah memang sangat diperlukan supaya lebih memiliki nilai estetika. Salah satu sisi yang menjadi pusat bagian dalam merenovasi rumah adalah bagian tembok. Ada berbagai macam material yang bisa digunakan untuk mempercantik permukaan tembok, seperti keramik tembok, batu alam, wallpaper tembok dan yang lainnya. Pemilihan bahan material pada tembok juga harus disesuaikan dengan lokasi ruangan. Hal ini dikarenakan setiap ruangan memiliki karakteristik tersendiri dalam memperlakukannya.

Akan tetapi secara umum masyarakat masih lebih sering menggunakan cat tembok sebagai pemberi estetika pada sisi rumahnya. Hal ini dikarenakan tersedia dengan banyak pilihan warna serta mudah mengaplikasikan pada tembok atau pun pengecatan ulang, mungkin menjadi salah satu sebab mengapa material yang sifatnya cair ini begitu banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat. Selain itu, terdapat ukuran atau satuan yang bervariasi yang memungkinkan jenis bahan bangunan ini dapat dibeli sesuai kebutuhan. Disisi lain cara mengecat tembok juga dianggap lebih mudah dibanding dengan menggunakan wallpaper. Walaupun waktu pengerjaan yang memakan waktu yang lama, namun cat lebih fleksibel digunakan di tembok eksterior atau pun interior.

cara mengecat tembok

Cat eksterior dan interior biasanya ada beberapa perbedaan di antara keduanya. Untuk tembok eksterior biasanya lebih memilih menggunakan cat waterproof. Hal ini dikarenakan agar cat tidak mudah terkelupas jika terkena hujan atau kondisi lembab. Beberapa merk cat waterproof diantaranya bisa menggunakan No Drop, Aquaproof, Dulux dan yang lainnya. Namun pengaplikasian cat tembok anti air ini juga tidak hanya bisa digunakan pada lokasi luar rumah, namun juga bisa digunakan di kamar mandi juga. Sedangkan untuk tembok interior para tukang cat biasanya hanya menyesuaikan dengan warna yang serasi dengan konsep ruangan yang ada. Maka dari itu untuk mengetahui lebih lengkap cara cat tembok yang benar, kami akan mengulasnya dibawah ini.

Cara Mengecat Tembok

1. Memilih Merk Cat

Tahap awal ketika ingin melakukan pengecatan pada tembok rumah adalah memilih jenis dan juga merk cat tembok. Ada begitu banyak jenis cat yang bisa pada bagian tembok luar ataupun dalam. Namun ada baiknya jika cat yang dipilih adalah waterproof yang bisa tahan dari masalah air. Perlu diketahui bahwa cat waterproof mempunyai peranan penting untuk mencegah air merembes dan juga tekturnya lebih elastis. Sedangkan untuk pemilihan warna bisa disesuaikan dengan kombinasi furniture yang ada didalam rumah.

2. Melakukan Plamir (Dempul)

Untuk membuat cat tembok lebih terlihat halus maka perlu dilakukan tahap pelapisan plamir atau yang juga dikenal dengan plamur. Dempul pada tembok sendiri mempunyai peranan penting untuk menambah daya rekat cat pada tembok. Selain itu juga akan mengurangi pori atau celah yang menjadikan tembok terlihat tidak rata. Penggunaan cat tembok nantinya juga akan lebih sedikit, karena lapisan pertama yang ada di tembok sudah ada plamir. Jadi terapkan plamiran terlebih dahulu yang penting pori tembok tertutup dan bisa diamplas supaya halus. Kemudian bisa mengaplikasikan cat di tembok.

3. Penerapan Cat Pada Tembok

Cara mengecat tembok yang benar ini terbilang cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Akan tetapi yang membedakan nantinya adalah pada tekhnik pengusapan pada tembok. Jika dilakukan pada orang yang sudah profesional, maka setiap usapan cat akan terlihat sempurna dengan gerakan satu arah. Hal terpenting lainnya adalah memperhatikan kekentalan cat. Tingkat kekentalan juga berpengaruh agar hasil cepat rata dan tidak ada celah yang tertinggal. Lalu gunakan kuas atau sejenisnya yang bisa meratakan warna cat pada seluruh permukaan tembok.

Baca Juga: Cara Mengecat Plafon

Penggunaan media cat tembok di jaman sekarang sudah mulai cukup bervariasi. Jika sebelumnya pengecatan tembok hanya satu warna atau polos, kali ini mulai berani menggunakan beberapa kreatifitas motif. Ada beberapa motif yang menjadi andalan yaitu dengan klasik, modern, monokrom, colourfun dan yang lainnya. Para pelaku seni cat tembok sendiri juga tetap memperhatikan cara mengecat tembok agar hasil yang didapat maksimal. Akan tetapi konsep tersebut bisa dilakukan dengan baik apabila jenis merk cat tembok juga bagus seperti yang sudah kami sampaikan. Selain itu yang dalam melakukan pengecatan jangan lupa untuk memberi alas pada lantai agar tetesan cat tidak jatuh ke lantai.

Topics:

seni mengecat tembok

Sharing is caring!

Kategori Tips

Tinggalkan komentar

shares