Wajib Tahu, Ini Jenis Keramik Paling Banyak Digunakan

Jenis Keramik – Tahap penyelesaian sebuah bangunan membutuhkan banyak material dari beberapa detail sisi bagian setiap ruangan. Proses finishing tujuannya adalah untuk membuat elok atau memberikan nilai estetika dalam rumah dengan penyempurnaan. Salah satu yang menjadi pusat perhatian pada tahap penyelesaian adalah lantai. Bagian pijakan kaki ini harus memberikan rasa yang nyaman untuk dilalui. Tidak jarang pengaplikasian pada lantai menggunakan sejumlah bahan bangunan seperti marmer, kayu lantai, batu alam, granit dan yang lainnya. Akan tetapi ada salah satu yang paling umum digunakan di sejumlah bangunan yaitu keramik. Keramik merupakan suatu bentuk yang menggunakan bahan dasar dari tanah liat yang telah mengalami proses pembentukan dan pembakaran.

Berfungsi sebagai alas lantai, keramik merupakan salah satu unsur penting yang turut menyumbang dari segi keindahan dan kenyamanan ruangan. Hal ini dikarenakan ada banyak jenis keramik dengan berbagai motif dan juga warna. Jika dilihat dari sifatnya, keramik bersifat sangat keras, mudah pecah, isolator baik secara elektrikal ataupun thermal, kaku, dan stabilitasnya sangat tinggi. Namun dengan adanya transisi jaman, saat ini pemakaian keramik tidak hanya digunakan untuk bahan bangunan dan alat rumah tangga, melainkan sudah mulai diproduksi di sejumlah industri dalam bentuk kelengkapan interior seperti vas bunga, pot, guci dan lainnya. Keberagaman jenis keramik juga ditentukan dari penggunaan itu sendiri.

Jenis Keramik Paling Banyak Digunakan

Jika dilihat dari sisi penggunaan, keramik terbagi dari beberapa fungsi di dalam perabotan rumah tangga. Misalnya saja untuk keramik lantai dimana peletakan disetiap ruangan harus disesuaikan. Untuk lantai kamar mandi, dapur dan ruangan yang lain harus menggunakan jenis keramik lantai yang berbeda. Hal ini dikarenakan kebutuhan dari setiap ruangan berbeda-beda. Begitu pula ketika menggunakan keramik dinding dimana setiap sisi ruangan akan disesuaikan dengan kebutuhan dari pemilik rumah. Namun untuk ukuran keramik lantai secara umum memiliki standar mulai dari 30 cm persegi sampai 80 cm persegi dan ada juga keramik biasa yang memiliki ukuran memanjang, yakni sekitar 15 x 30 cm. Maka dari itu untuk melihat beberapa jenis keramik yang umum digunakan akan dibahas berikut ini.

Jenis Keramik Teraso

Keramik jenis teraso menjadi pilihan yang dianggap memberikan kesan unik dan klasik. Keramik jenis ini cukup memberikan kesan tempo dulu di suasana bangunan. Tidak jarang sejumlah penggemar keramik unik ini banyak dicari oleh beberapa pengembang yang menginginkan rumah atau bangunannya bergaya etnik dan klasik. Sedangkan untuk ukurannya mulai dari 20×20 cm sampai 60×60 cm. Tidak jarang sejumlah tempat umum seperti villa, cafe dan rumah makan bahkan masih menggunakan keramik teraso untuk membuat kesan tempo dulu.

Jenis Keramik Granit

Keramik batu alam atau granit menjadi salah satu favorit jenis keramik yang saat ini digunakan ditengah masyarakat modern. Hal ini dikarenakan pengguna bisa menikmati dari sisi keindahannya memang cukup baik untuk membuat rumah tampil lebih asri. Dengan bahan material yang berasal dari alam atau hasil tambang tentunya penggunaan keramik ini lebih cocok digunakan pada rumah yang glammor atau desain modern minimalis. Keramik jenis granit memiliki pori-pori yang lebih besar dan membutuhkan perawatan khusus agar tetap berkilau.

Jenis Keramik Glazed

Salah satu jenis keramik yang umum digunakan adalah keramik glazed dimana penggunaannya bisa digunaan untuk keramik lantai ataupun dinding. Glazur atau glazed merupakan salah satu lapisan yang ada di keramik yang diaplikasikan dengan tempratur tinggi sehingga menyatu dengan badan keramik. Selain itu lapisan inilah yang membuat motif desain dan tekstur keramik lebih menarik untuk digunakan. Keuntungan lainnya adalah denagn adanya lapisan glazur membuat keramik tahan air, tahan api dan juga mudah dibersihkan karena sangat padat serta memiliki pori kecil atau rapat.

Baca Juga: Cara Mengecat Tembok

Dari tiap jenis keramik yang umum digunakan memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing. Jika menginginkan kualitas keramik yang bagus, maka sebelum membelinya bisa mengusap keramik dengan tangan. Biasanya jika kualitas keramik bagus ia tidak akan meninggalkan bekas tangan. Selain itu yang harus diperhatikan adalah memilih yang anti gores untuk mendapatkan ketahanan yang lama. Namun dengan kualitas sebaik apapun keramik lantai atau pun dinding yang digunakan harus rutin melakukan perawatan. Beberapa perawatan keramik sendiri juga bisa mempertahankan desain keramik yang indah dan juga ketahanan dari keramik tersebut.

Sharing is caring!

shares