Harga Bata Ringan/ Hebel Per Biji April 2019

Harga Bata Ringan – Pembangunan sebuah bangunan modern tidak hanya membutuhkan waktu yang efisien, namun jenis material yang digunakan juga harus kualitas bagus. Salah satu inovasi dari bahan material konstruksi bangunan terletak pada susunan dinding sebuah bangunan. Jika sebelumnya batu bata merah yang menjadi keunggulan proses pembuatan dinding, era sekarang mulai beralih dengan menggunakan bata ringan/hebel superblock atau disebut AAC (Autoclaved Aerated Concrete). Secara umum, bata ringan memiliki kualitas yang sudah teruji standard SNI melalui laboratorium independent. Disisi lain penggunaan bata ringan akan jauh lebih menguntungkan dibanding dengan bata yang konvensional.

Sebagai salah satu pengganti dari batu merah, bata ringan/ hebel memiliki ketahanan yang tidak diragukan. Terbukti dalam kurun waktu terakhir bata hebel mulai cukup populer di sejumlah proyek-proyek besar pembangunan gedung. Kekuatan dari struktur bata hebel ini sendiri dipengaruhi karena bahan material dasar pembuatannya yang sudah mumpuni. Beberapa campuran pasir kuarsa, kapur, semen, air, aluminium pasta, serta gypsum. Dengan bobotnya yang ringan, bata AAC ini juga memberikan penawaran harga bata ringan yang lebih ekonomis untuk di dapatkan. Keuntungan yang didapat pun terlihat dari pemakaian hebel itu sendiri yang bentuknya yang rapi, mampu menyerap panas dan juga kokoh.

harga bata ringan hebel

Tingkat ketahanan dari bata ringan juga menjadi landasan utama masyarakat memilih menggunakan material dinding ini. Selain itu proses pemasangan batu bata ringan juga bisa dilakukan dengan cepat. Hal ini dikarenakan bata ringan memiliki dimensi yang lebih presisi (2mm per bata) dan tingkat kerataan permukaan yang lebih baik dibanding dengan menggunakan bata yang lain. Namun, dalam proses pemasangannya membutuhkan jenis perekat yang dipakai untuk jenis batu bata ini bukanlah semen biasa, melainkan semen instan (mortar). Dengan ukurannya lebih besar, tentu perbandingan penggunaan bata ringan lebih sendikit jika dibandingkan dengan bata konvensional. Faktor ini lah yang bisa menekan biaya kontruksi lebih sedikit dalam proses pembangunan. Untuk itu, disini ada beberapa rentan harga bata ringan/ hebel (ACC) yang bisa dilihat berikut ini.

Daftar Harga Bata Ringan 2019

No JENIS BATU BATA UKURAN HARGA
1 Bata Ringan hebel Per kubik IDR 750.000 /m3
2 Bata Ringan Voscon Per kubik IDR 650-1000 /m3
3 Bata Ringan 10x20x60 cm 1 biji IDR 10.000 /Biji
4 Bata Ringan 7,5x20x60 cm 1 biji IDR 7.800 /Biji
5 Bata Ringan 10x20x60 cm Per Kubik IDR 750.000 /m3
6 Bata Ringan 7,5x20x60 cm Per Kubik IDR 585.000 /m3

Penaksiran biaya produksi dari sebuah bangunan juga tidak hanya bergantung jenis material saja, namun juga dilihat dari kondisi wilayah pembangunan. Pernyataan ini dimaksudkan bahwa apabila pembangunan dilakukan di desa, besar kemungkinan keberadaan bata ringan jenis ACC akan lebih sulit ditemukan dibanding dengan bata merah. Dengan begitu, tentu harga bata ringan jauh lebih mahal dibanding dengan produksi material yang umumnya digunakan ditempat tersebut. Tidak jarang pengaplikasian dari batu ringan pada sejumlah gedung seperti mall, perkantoran, industri pabrik, dan yang lainnya.

Jenis Bata Ringan

Penggunaan bata ringan juga tidak hanya menggunakan jenis ACC (Autoclaved Aerated Concrete), melainkan ada jenis yang lain yaitu CLC (Cellular Lightweight Concrete). Perlu diketahui bahwa bata hebel CLC merupakan beton konvensional yang mampu menggantikan posisi material kerikil dengan gelembung udara. Jika dilihat dari sistem  produksi, bata ringan CLC menggunakan salah satu busa organik yang kurang stabil sehingga minim terjadinya reaksi kimia saat pencampuran bahan material. Secara mudah bisa dijelaskan bahwa bata CLC terbuat dari material pasir sungai atau pasir tambang dengan bobot lebih berat dari bata ringan ACC. Perbedaan yang lain juga terdapat pada harga hebel yang mana jenis CLC lebih mahal karena produksinya menggunakan alat modern.

Baca Juga: Harga Granit

Selain kisaran harga hebel/ bata ringan terbaru 2019 yang menjadi perhatian, yang tidak kalah penting adalah proses pemasangan bata ringan. Proses pemasangan yang harus dilakukan membutuhkan keahlian khusus. Tidak jarang bahwa kesalahan dalam pemasangan, bisa berdampak pada kekuatan bangunan secara menyeluruh. Walaupun pemasangan bisa dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, namun juga harus membutuhkan struktur kekuatan dari bangunan itu sendiri.Dalam tahapan finishing pembuatan dinding, bata ringan secara tekstrur permukaan sudah halus dan rata sehingga tidak memerlukan perlapisan yang tebal pada permukaannya. Biasanya, para kontraktor juga tidak jarang membiarkan dinding bata ringan terekspos.

Sharing is caring!

shares