Cara Mengecat Plafon Gypsum, Mudah dan Sempurna

Cara Mengecat Plafon Gypsum – Untuk membangun sebuah kondisi rumah yang nyaman, maka ada beberapa elemen yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah bagian perlindungan atas rumah. Selain atap genteng yang menjadi langit-langit rumah, ada bagian lain di bawahnya yang juga berfungsi untuk menghindari cahaya matahari yang terik secara langsung. Bagian yang dimaksud tersebut adalah plafon sebagai perlindungan ekstra. Penggunaan atap plafon pada rumah menjadi penambah kondisi rumah yang lebih memiliki nilai estetika tersendiri. Disisi lain dengan menggunakan plafon, rumah akan terasa lebih sejuk dan dingin, sehingga sangat nyaman untuk beristirahat. Biasanya jenis palfon yang paling banyak digemari saat ini yaitu plafon gypsum.

Penggunaan plafon gypsum dianggap memiliki keunggulan dan tipe yang beragam sesuai kebutuhan rumah. Selain itu, plafon gypsum dan GRC sering digunakan dalam beberapa gedung. Keuntungan menggunakan gypsum dikarenakan permukaannya yang halus dan dianggap lebih rapi dari bahan lainnya. Dengan permukaan yang rata tersebut juga memudahkan cara mengecat plafon gypsum. Seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat modern tidak hanya menggunakan plafon gypsum dengan polosan. Tidak jarang sebagian dari mereka akan menambahkan warna pada sisi-sisi bagian atap langit-langit tersebut. Pemilihan cat plafon gypsum juga untuk memperindah plafon rumah yang memberikan nuansa kesan yang mewah dan bergaya modern.

cara mengecat plafon gypsum

Secara umum plafon gypsum sudah memiliki warna dasar putih, namun gypsum dengan warna tersebut dianggap kurang menarik untuk digunakan. Pemilihan gypsum juga sangat mudah untuk dibentuk menjadi beraneka tipe plafon, dari yang konvensional sampai berwujud katedral. Selain itu pemasangan plafon gypsum terbilang cukup fleksibel, karena bisa menggunakan kayu maupun besi hollow sebagai rangkanya. Beberapa macam model sesuai keinginan seperti drop ceiling, cuve, dome dan lainnya juga bisa menjadi pilihan. Namun pemasangan gypsum sendiri juga harus dilakukan perawatan dengan cara mengecat plafon gypsum secara benar. Maka dari itu disini kami akan memberikan beberapa tahapan pengecatan plafon gypsum yang bisa dilihat berikut ini.

Cara Mengecat Plafon Gypsum

1. Memastikan Tidak Ada Kebocoran

Untuk melakukan pengecatan pada plafon gypsum adalah memastikan terlebih dahulu bahwa tidak ada kebocoran. Para pekerja bisa melakukan pengecekan pada jenis atap genteng terlebih dahulu apakah pemasangan masih rapi atau tidak. Hal ini dikarenakan jika terjadi kebocoran maka warna cat gypsum akan memudar. Akan tetapi untuk saat ini juga sudah ada plafon gypsum waterproof. Dengan adanya lapisan khusus pada gypsum waterproof maka air tidak akan tembus keluar sehingga tidak akan ada cat yang rusak.

2. Memilih Jenis Cat Gypsum

Pemilihan yang tepat terhadap jenis cat plafon gypsum sendiri juga penting dilakukan karena akan memberikan kualitas pada warna cat nantinya. Ada beberapa cat dasar khusus gipsum ECO GYPSUM Primer EPG–4049 Water Based  dengan menggunakan produk Propan. Akan tetapi sebelumnya juga harus diperhalus plafon dengan melapisinya menggunakan skim coat (plamur) agar terlihat lebih halus pada cat. Selain itu penambahan pelapis tersebut pada plafon pada saat sebelum pengecatan akan membuatnya terlihat lebih rapi.

3. Memilih Warna Cat Plafon Gypsum

Apabila beberapa tahapan diatas sudah dilakukan maka untuk proses pengecatan bisa dilakukan. Ada beberapa hal sebelum pengecatan yang harus dilakukan yaitu menentukan warna plafon gypsum. Pemilihan warna yang tepat juga akan memberikan pengaruh pada sisi gelap dan terang pada ruangan. Degradasi warna pada gymsum juga harus disesuaikan dengan kondisi ruangan. Apabila ruangan yang diinginkan bernuansa romantis klasik, maka pemilihan warna yang dominan gelap seperti merah maroon, biru tua dan yang lainnya bisa dijadikan alternatif.

4. Proses Pengecatan

Pada tahapan proses pengecatan, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelumnya yaitu bagian dasar langit-langit. Sebelum melakukan proses pengecatan disarankan untuk memberikan alas di lantai atau menutup beberapa barang agar tidak terkena cat. Selain itu membersihkan plafon dari debu atau jamur yang menempel. Pengecatan plafon bisa dilakukan dengan menggunakan roll cat agar lebih memudahkan proses pengecatan plafon gypsum. Lakukan pengecatan dengan sisi-sisi bagian plafon terlebih dahulu.

Baca Juga: Harga Plafon

Dalam mendekorasi sebuah rumah, maka ada banyak tahapan yang harus dilakukan salah satunya dengan melakukan pengecatan plafon gypsum. Untuk mempertahankan kualitas dan etimasi waktu agar bertahan lama maka pemilihan jenis gypsum pun juga harus diperhatikan. Hal ini juga akan mempengaruhi kualitas cat plafon tersebut agar tetap memberikan warna yang diinginkan oleh pemiliknya. Disisi lain untuk tips dalam penggunaan gypsum untuk plafon setelah menggunakan cat bisa menambahkan ornamen lampu plafon agar cat yang dihasilkan lebih hidup dan menambah kesan elegant.

Sharing is caring!

shares